Senin, 28 Maret 2011

VARIETAS BIBIT SAWIT BARU

MEDAN: Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan menghasilkan varietas bibit sawit baru bernama PPKS 540 yang mampu menghasilan tandan buah segar (TBS) 40 ton/hektare/tahun atau minyak sawit mentah antara 8 ton-10 ton per hektare per tahun.

Kepala Bidang Penelitian PPKS Medan Edy Sigit Sutarta membenarkan bahwa PPKS sudah mampu menghasilkan varietas baru dengan TBS yang lebih besar dan minyak sawit yang lebih banyak.

“Kami mampu menghasilkan varietas PPKS 540 sebanyak tiga juta kecambah per tahun karena pohon induk yang menjadi sumber kecambah relatif masih sedikit,” ujarnya kepada wartawan seusai membuka Palm oil education care (Poec) 2011 di Medan hari ini.

Menurut dia, selama ini ada sembilan varietas kecambah kelapa sawit yang diproduksi PPKS dengan potensi produksi sekitar 50 juta kecambah per tahun. PPKS, lanjutnya, merupakan penghasil kecambah terbesar di dunia dan mampu memenuhi permintaan ekspos dari luar.

Masalahnya, kata dia, kecambah yang selama ini dihasilkan belum ada yang secara riil mampu menghasilkan TBS sebesar 40 ton per tahun per hektare. “Varietas baru ini suah diluncurkan tahun lalu dan mampu tumbuh baik di Indonesia,” tuturnya.


Tahun ini, kata dia, PPKS menargetkan produksi kecambah sekitar 36 juta butir yang dapat dijual kepada pekebun yang baru buka dan melakukan tanam ulang. Cuma saja, kata dia, kecambah sawit yang dihasilkan PPKS harus dipesan lebih dulu atau jangan melakukan permintaan secara mendadak karena semua harus diproses sesuai standar.

“Kecambah tidak bisa ditahan lama karena akan tumbuh lebih cepat,” tuturnya.

0 komentar:

Posting Komentar